Kerjaan Orang IT Di Perusahaan Apa Aja Si ?

Okay, mungkin bagi kalian yang awam tentang dunia Information Technology banyak bertanya “kerjaan orang IT di perusahaan ngapain aja si ?” ini bakal gua bahas disini walaupun pengalaman saya bekerja di bidang IT ini masih sedikit atau saya baru memulainya, tapi saya akan bahas topik ini menurut pendapat saya pribadi, oleh karena itu jangan terlalu di anggap serius. Karena setiap orang punya pandangan/pendapat yang berbeda-beda.

Ada 2 Tipe Perusahaan menurut saya, Perusahaan yang IT-nya berkembang dan Perusahaan yang IT-nya maju. Apa perbedaan antara keduanya ? Di Perusahaan yang IT-nya maju mereka rela mengeluarkan budget yang sangat tinggi untuk Investasi dalam bidang IT. Baik itu dari SDM nya, Sistemnya atau dari peralatannya. Sedangkan di perusahaan yang IT-nya berkembang mereka hanya belum melakukannya. Terus apa hubunganya dengan pekerjaan orang IT di perusahaan tersebut ?, Jawabbnya adalah Jobdesknya.. di Perushaan yang IT berkembang jobdesk orang IT belum jelas. Sedangkan di Perusahaan Yang ITnya maju Jobdesknya Sangat Jelass. Maksud saya Kerjanya apa tanggung jawabnya apa juga jelas. Kalau Di perusahaan yang IT-nya berkembang Seorang IT harus mengerjakan semua pekerjaan IT atau seorang IT juga mengerjakan Report yg bukan tugas seorang IT.

Okay balik ke topik utama, Pekerjaan Orang IT di Perushaan Apa aja Si ?

Jawabannya adalah tergantung Jobdesk dia apa, jadi dalam dunia IT menurut saya pribadi ada 5 skill IT atau 5 Jobdesk yang harus dikuasai seorang IT, yaitu Service, Network, Sysadmin, Programmer, Analyst. Bahkan 5 Jobdesk itu bsa di pecah2 lagi ,Tapii perlu di garis bawahi ini menurut pendapat saya pribadi yaa, dann dari lima jobdesk itu kalian minimal menguasai sedikit dari masing masing skill tersebut tapi sekali lagi ingat 5 skill ini wajib di kuasai untuk berkarier di biang IT meskipun sedikit. Contoh di skill service kalian bisa bongkar pasang PC/Laptop install2 software, teruss Di Sysadmin kalian kuasai Ubuntu Server aja, teruss di Programer kalian kuasai Php,Css,Html,Sql aja, terus di analyst kalian menguasai Balsamiq atau Visio untuk merancang-rancang oh terakhir di Network kalian kuasai Mikrotik ajaa. kenapa 5 skill ini harus kalian kuasai ? agar bisa mudah untuk beradaptasi dengan perusahaan atau di mudahkn dlm mendapatkn pekerjaan di IT. setiap perusahaan menggunakan sistem dan teknologi yang berbeda2 contohnya ada perusahaan yang menggunakan mikrotik sebagai router utamanya ada jjuga perusahaan yang menggunakan cisco berbeda-beda.

Bang kalo kita sdh fokus ke 1 skill aja gmna bang ? contohnya saya cma fokuss ke programer pakai bahasa php laravel.. ? yaaa anda akan sulit untuk mencari pekerjaan karena anda hnya dapat melamar ke perusahaan yang juga menggunakan laravel tapi kn setiap perusahaan belum tentu menggunakan laravel jadi lebih susah. jadi 5 skill IT di atas wajib di kuasai kalau mau mudah untuk mencari pekerjaan. Teruss yang di kerjain apa aja bang daari 5 Jobdesk tersebut ?

Sekali lagi ini cuma pendapat saja yaaa :

  1. IT service/IT support/It Helpdesk, ini tugasnya bongkar pasang komputer, install os, software, license dan menghadapi permasalahan permasalahan seputar pc, printer, software, scanner dan dekstop.
  2. IT Network, ini tugasnya menhandle seluruh jaringan di perusahaan baik itu jaringan kabel atau nirkabel, skill yang harus di kuasai adalah pengkabelan, swicth, router bsa cisco atau mikrotik. kalau ada trouble di jaringan orang network yang turun.
  3. IT Sysadmin, nah klo ini fokus ke server, jadi sebuah server di handle oleh seorang sysadmin, tugasnya ya menghandle service(layanan) yang berjalan di sebuah server misalnya service apache mysql smtp dns mail dll dia yang kelola. tugasnya ya klo ada update sofware, service atau ada problem di sisi server aja bru dia kerja. biasnya harus berkolaborasi sama It Network.
  4. IT Programmer, klo ini sangat jelas membuat program komputer entah itu program dektop, android atau web. bahkan programer di bagi menjadi backend dan frontend. tapi rata2 perusahaan tidak mau ribet dan mempekerjakan programer yang Full Stack Developer artniya menguasai front end dan back end, nntinya IT Programmer akan berkolaborasi dengan IT sysadmin untuk mengupload program ke server.
  5. IT Analyst yangg terakhir yang gk kepikiran oleh orang2. dan ini yang di ajarkan oleh Kampus saya. Untuk membuat sebuah software gk bisa smbarangan. Harus dilakukan penelitian terlebih dahulu terhadap sistem yang sudah berjalan di suatu perusahaan. dan itu di tungkan dalam bentuk laporan berisi rancangan rancang dari rancangn database, relasi2 nya, trus rancangan front endnya (bisanya bisa di buat dgn Balsamiq), sampai ke diagram2 nya ERD trus apalgi lupa wkwk. smapai pda uji testingnya terhadap software tersebut. ya kayak skripsi lah bgtu. Nah nnti tugas programer hnya mengkoding logika yang dibuat oleh Seorang Analyst tersebut bgtuu. Klo lu di ujuk2 langsung buat software ya mana bisaaa. bisa si tpi yang ada stress programernya wkwk. jdi Tugas Seorang Analyst menganalisa sistem yang berjan dan membuat sebuah rancangan program atau software yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas sebuah perushaan.

Terus bang dri kelima jobdesk di atas jobdeskmu masuk yang mana sih ?

Klo saya skrng baru masuk ke IT Service Desk Engineer, itu masuk ke IT Service. tapi lebihh kearah Desk nya yaitu Dekstop. Jadi misalkan ada permaslahan di Dektop itu tim saya yang handle, permasalahan seperti Aplikasi Eror, Install Aplikasi, Gk Bsa Login Akun Gk BSa Konek Printer, Itu bagian kami yang handle, klo udh ke mslh jaringan itu bakal di oper ke tim network biasanya, tapi kami sering bntu2 jga kek tim network bntu tim service tim service bntu tim network bgtu2.

Ini tulisan berdasarkan Opini dan Pengalaman Pribadi Penulis Yaaa, Kalau Beda Pendapat Ya Gpp Setiap Orang Kan memang beda beda hahahaha. sedikit bagi2 pengalaman si di bidang IT ini. semoga membantu hehehe.

Tinggalkan komentar